Sunday, November 25, 2007

Kue Permen a.k.a Party Meringue

Bikin kue-kue lebaran emang asik, tapi kebanyakan resep kuker pake kuning telur thok... Nah, untungnya nih, di blognya Mba Anne ada resep Party Meringue, yang bahannya pake putih telur ^__^ yey! Akhirnya gw coba aja bikin buat souvenir pas lebaran khusus anak-anak kecil... wkwkwk :P




Lucunya, meringue yang warnanya hijau dan merah dapet nama baru dari sepupu gw yg masih SD, yaitu "Kue Permen". Usut punya usust, ternyata meringue buatan gw itu... entah bener ato salah... jadi pas barusan mateng gw cicip sih kering dari luar ampe dalem... dan ternyata, pas udah gw bagi ke sepupu dan ponakan masing-masing 1 toples, pas di buka, tengahnya jadi lembek kek permen, luarnya tetep renyah.. hahaha, kek makan kue diluar, permen di dalem :P mirip gulali gitu deh... padahal toplesnya dah rapet pake selotip.

Itu, gw taunya pas besoknya sepupu gw maen, trus dia nyariin Kue Permennya...siapa tau masih ada.. Nah, gw yg bingung, Kue Permen apaan yak? hahaha... secara gw gak merasa bikin tuh Kue...:P Herannya lagi, bokapnya sepupu gw, alias Om juga demen...hehehe, katanya pas pertama liat, gak tertarik, tapi, trus sepupu gw makan 1..katanya enak, jadi pengen icip...eh, ternyata suka! Dibilang Kue model baru pula...hihih, jadi malu...:P
Syukur deh, "Kue Baru"nya disukai...hehehe, makaci ya Mba Anne udah posting resepnya ;) muach!



Party Meringue
Sumber : Primarasa

Bahan :
120 ml putih telur
400 gr gula halus
1 sdt CTT

Hiasan & Pelengkap :
Pewarna sesuai selera
Spikel warna-warni atau taburan lainnya.

Cara membuat :
  1. Kocok putih telur dengan mixer kecepatan sedang, hingga putih berbuih. Masukkan gula dalam 3-4 tahapan. Tambahkan CTT dan kocok terus hingga adonan kental dan membentuk ujung tumpul sewaktu mixer di angkat.
  2. Taruh wadah di atas wajan berisi air panas, lalu jerang di atas api kecil (seperti di tim), jaga jangan sampai air mendidih. Kocok adonan hingga hangat dan mengkilap ( kurleb 15 menit). Angkat dari wajan, lanjutkan mengocok hingga dingin.
  3. Panaskan oven 80 C. Alasi loyang dengan kertas roti (harus! kalo nggak ntar lengket dan susah di lepas).
  4. Beri warna pada adonan. Bentuk adonan dengan spuit sesuai selera. taburi dengan spikel atau bahan taburan lain.
  5. Oven hingga terlihat kaku/kering (40-60 menit) dengan pintu oven sedikit terbuka.
Cara membuat party meringue ini emang agak ribet, jadi kalo bisa cari temen buat pegangin mangkok selagi ngocok adonan di atas wajan kalo nggak mau kek gw, bikin meringue sendirian, jadinya tangan kiri pegel pegang mangkok plus panas, trus tangan kanan gemeter pegang mixer! hahaha... :P Udah gitu, pertimbangkan penggunaan oven, melihat lama memanggang bisa ampe 1 jam, kalo bisa ovennya yg pake gas. Untuk oven listrik, siap-siap aja tagihannya ya.. :P hehehe.. ato malah sama aja borosnya? kalo gitu, jangan sering-sering bikin meringue dah !...:P wkwkwk